Minggu, 01 Agustus 2010

Welcome to Indonesia

Penggemar Guns N’ Roses, Slash’s Snakepit dan Velvet Revolver di Indonesia akan segera menyaksikan Slash. Sang gitaris legenda-ris tersebut sedang tur dunia untuk mempromosikan Slash, album solonya yang menampilkan sederet vokalis rock terkenal seperti Ozzy Osbourne, Iggy Pop serta Chris Cornell, dan bahkan penyanyi pop seperti Fergie dan Adam Levine. Di tur ini Slash membawakan lagu-lagu dari album solo maupun dari album band-bandnya dengan bantuan grup pengiring yang beranggotakan vokalis Myles Kennedy dari Alter Bridge, gitaris Bobby Schneck, pemain bas Todd Kerns dan pemain drum Brent Fitz. Menjelang konsernya yang diselenggarakan Mahaka Entertainment dan Gudang Garam di Jawa Timur Expo, Surabaya pada 31 Juli dan Istora Senayan, Jakarta pada 4 Agustus, Slash menelepon dari Kopenhagen, Denmark dan berbicara tentang tur, album dan hidup “bersih”.

Bagaimana turnya sejauh ini?
Turnya bagus, turnya sangat bagus.

Apakah penonton suka lagu-lagu barunya?
Semuanya menyanyi semua lagu barunya, itu bagus. Selalu agak sulit kalau mengeluarkan album baru dan pergi tur, dan membayangkan reaksi terhadap materi yang baru. Apakah mereka akan pergi ke kamar mandi? [Tertawa] Tapi sejauh ini seru, kami memainkan sekitar lima lagu dari album baru dan disambut dengan sangat baik.

Di album ini, yang paling mengundang tanda tanya adalah kolaborasi bersama Fergie dan Adam Levine. Bagaimana asal mulanya?
Saya pertama kali mendengar Fergie bernyanyi beberapa tahun lalu bersama Black Eyed Peas. Saya terpukau oleh vokal rock-nya. Dia penyanyi rock terselubung, itu motivasi awalnya. Saat membuat album, saya punya satu lagu (“Beautiful Dangerous”) dan menginginkan suara vokal wanita untuknya. Maka saya kirim lagu itu kepadanya, dan dia menyanyikannya dengan hebat. Adam Levine cocok untuk sebuah lagu ciptaan saya (“Gotten”) yang cukup unik. Butuh vokal yang halus dan bluesy; Adam punya salah satu suara terbaik untuk itu.

Setelah Anda akhirnya membuat album solo, apakah sudah puas? Atau masih ada keinginan untuk membuat album solo lagi?
Pembuatannya sangat memuaskan, saya senang melakukannya. Saya banyak belajar tentang bagaimana hal-hal ini bisa begitu sederhana dan tidak begitu rumit! [Tertawa] Ini pengalaman yang sangat baik. Dan saya tahu pintu itu selalu terbuka, andaikata saya ingin lagi. Namun saat ini saya sedang tur dan menikmatinya, saya merekrut sebuah band untuk tur album ini. Jadi saya punya band hebat yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama, dan mereka orang-orang yang menyenangkan. Jadi saya akan melakukan itu hingga tahun depan, dan satu-satunya kesibukan saya selain ini adalah Velvet Revolver. Kita lihat saja nanti.

Saat ini Anda sudah “bersih”?
Hingga detik ini, ya.

Bagaimana rasanya tur dalam keadaan sober?
Well I don’t think I could’ve done all the stuff I’ve done in the last year in my typical fucked-up fashion! [Tertawa]

Apakah ini berhenti mengkonsumsi obat-obatan saja atau alkohol juga?
Kali ini dua-duanya.

Tidak ada komentar: